Bersalahkah Pak Harto?

Diposting oleh Arsyad Salam | Senin, Januari 28, 2008 | | 1 komentar »


Pukul 13.00 Minggu 27 Januari 2008, mantan presiden Soeharto meninggal dunia. Kita tercenung. Mungkin sedih. Dan kitapun tersadar bahwa penguasa orde baru itu telah tiada. Dan kitapun merasa betapa kuatnya orang ini beberapa tahun yang lalu.

Saat masih di rawat di RSPP, saya lihat melalui tayangan TV, Pak Harto di angkut dengan kereta dorong, tanda bahwa dia sudah tidak berdaya. Rudin. Patah, di ujung hidupnya yang sungguh melelahkan itu.

Ada sebagian dari kita yang mungkin masih merasa perih atas kesewenang-wenangan orang ini di masa lalu. Mungkin masih ada yang sakit hati karena jadi korban sang mantan presiden itu. Tapi tidakkah kita juga melihat dengan terang benderang bahwa beliau tidak dapat mengelakkan hukum baja sejarah yang liat itu. Tergolek lemah dan tak berdaya. Biarlah itu yang jadi kenangan, bahwa betapa berkuasanya pun seseorang, dia tak dapat mengelak dari takdir sang khalik.

Pak Harto, pejabat, politisi, pemimpin negara, rakyat kecil, kita semua : pasti akan mati

Namun benarkah Pak Harto bersalah ?

1 komentar

  1. Anonim // 18 Februari 2010 22.30  

    [url=http://www.ganar-dinero-ya.com][img]http://www.ganar-dinero-ya.com/ganardinero.jpg[/img][/url]
    [b]Necesitas ganar dinero y no sabes que hacer[/b]
    Nosotros hemos encontrado la mejor guia en internet de como trabajar en casa. Como fue de interes para nosotros, tambien les puede ser de utilidad a ustedes. No son solo formas de ganar dinero con su pagina web, hay todo tipo de metodos de ganar dinero en internet...
    [b][url=http://www.ganar-dinero-ya.com][img]http://www.ganar-dinero-ya.com/dinero.jpg[/img][/url]Te recomendamos entrar a [url=http://www.ganar-dinero-ya.com/]Ganar dinero[/url][url=http://www.ganar-dinero-ya.com][img]http://www.ganar-dinero-ya.com/dinero.jpg[/img][/url][/b]