Tentang Blog Ini (Prolog)

Diposting oleh Arsyad Salam | Senin, Desember 24, 2007 | | 1 komentar »



Hakekat Pengetahuan adalah mengetahui bahwa kita tidak tahu apa-apa (Sokrates)


Selamat datang di newsblogmedia.....

Blog ini merupakan wahana kreatifitas saya dalam menuangkan ide, gagasan maupun kritik terhadap apa saja yang terjadi di sekeliling kita. Tak peduli apakah dia dibaca atau tidak. yang jelas saya telah berupa menulis dan memberitakan opini yang ada dalam kepala saya. Bahwa saya menyalurkan minat menulis ini lewat blog itu adalah lain hal.

Suatu ketika saya berada si sekolah untuk menjemput anak saya yang baru duduk di kelas dua SD dalam Kota Kendari. Saat itu pelajaran masih berlangsung dengan materi muatan lokal alias Mulok. Sang guru sedang mangajarkan arti dua kata yakni Moburi dan Mobasa. Tanpa sadar saya juga ikut menyimaknya.


Saya tertarik sekali pada dua kata itu dan terus menerus memikirkannya. Moburi dan Mobasa adalah dua kosa kata dari bahasa etnis Tolaki yang mendiami jazirah daratan Sulawesi Tenggara. Secara harfiah dua kata itu berarti menulis dan membaca.

Menulis oleh sebagian orang memang hanya ditafsirkan secara sempit yakni suatu pekerjaan menggoreskan kata-kata pada suatu media tertentu. Padahal menurut saya tidaklah demikian adanya.

Kegiatan menulis sejatinya adalah suatu ikhtiar yang susah payah dalam menuangkan gagasan, pendapat maupun pikiran. Menulis oleh karena itu buklanlah pekerjaan mudah. Saya sendiri telah merasakannya. Menulis dengan kata lain merupakan barometer sejauhmana hubungan keakraban kita dengan bahasa.

Sampai di sini maka akan muncul suatu masalah baru yang tak kalah pentingnya yakni membaca. Seorang penulis tentu harus memiliki perbendaharaan kosa kata yang mumpuni, banyak jumlahnya dan aneka rupa bentuknya. Maka hanya mereka yang akrab dengan bacaan cepat atau lambat dapat menjadi penulis yang baik.


Sokrates memang tak menulis apapun...... tapi dia adalah pengecualian dari kasus kita. (**)


1 komentar

  1. Arsyad Salam // 26 Desember 2007 pukul 00.11  

    tes posting comment nih